Share

Petrokimia Gresik Imbau Petani Waspada Pupuk Palsu

Terbatasnya ketersediaan pupuk di di kalangan petani menimbulkan berbagai masalah. Selain sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, saat ini tengah marak adanya pupuk palsu yang beredar di masyarakat.

Bojonegoro (Media Center) – Terbatasnya ketersediaan pupuk di di kalangan petani menimbulkan berbagai masalah. Selain sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, saat ini tengah marak adanya pupuk palsu yang beredar di masyarakat.

Hal ini disampaikan Yusuf Wibisono, Manajer Humas Petrokimia Gresik. Ia menyebutkan, setahun belakangan sudah ada berbagai kasus pemalsuan pupuk yang bermerk dan kemasannya hampir mirip dengan produk asli buatan Petrokimia Gresik.

“Kemarin ada temuan yang mirip dengan kemasan pupuk Phonska kami, hanya nama yang tertera di kemasan adalah Phoska,” jelasnya, Jumat (23/1/2015).

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan modus penyebaran pupuk palsu ini. Pengedar biasanya berkeliling ke desa-desa membawa pupuk yang dimuat di mobil bak terbuka. Selanjutnya dijual dengan harga murah. Hal ini tentu saja membuat para petani tergiur saat kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

“Rata-rata harganya setengah dari harga pupuk bersubsidi,” tambah Yusuf.

Ia mengimbau agar warga Bojonegoro waspada dengan beredarnya pupuk palsu ini. Hal ini lantaran kandungan pupuk palsu ini sangat berbeda dengan pupuk petrokimia dan bisa merugikan para petani.

“Kalau menemukan pupuk palsu, silakan lapor polisi dan kami dari Petrokimia siap jadi saksi,” pungkasnya.(**mcb)

Leave a Comment