Share

PKG: Alokasi Pupuk Sudah Sesuai Pergub dan Perbup

Sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi yang kerap dialami para petani di Kabupaten Bojonegoro masih menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi. Untuk itu, Pemkab Bojonegoro mewajibkan para petani agar masuk dalam kelompok tani dan membuat Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) untuk melihat kebutuhan pupuk para petani.

Bojonegoro (Media Center) – Sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi yang kerap dialami para petani di Kabupaten Bojonegoro masih menjadi salah satu masalah yang harus dihadapi. Untuk itu, Pemkab Bojonegoro mewajibkan para petani agar masuk dalam kelompok tani dan membuat Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) untuk melihat kebutuhan pupuk para petani.

Kesulitan para petani mendapatkan pupuk bersubsidi ini, menurut Yusuf Wibisono, Manajer Humas PT. Petrokimia Gresik (PKG), dikarenakan berbagai hal. Yang paling sering terjadi adalah para petani belum tergabung di kelompok tani dan mengajukan RDKK.

“Kalau ada RDKK, pasti akan dilayani oleh kios. Dan kalau tak ada RDKK tidak akan dilayani, karena tidak masuk dalam jatah pupuk bersubsidi,” jelasnya.

Ia menambahkan, penyebab utama kebutuhan pupuk bersubsidi tak terpenuhi adalah perbedaan antara jumlah RDKK dan ketersediaan pupuk bersubsidi secara nasional. Kabutuhan sesuai RDKK di seluruh Indonesia di tahun 2015 ini sekitar 13 juta ton pupuk.

“Namun anggaran yang digelontorkan pemerintah hanya cukup untuk membeli 9,5 juta ton pupuk bersubsidi dari Pupuk Indonesia,” tambahnya.

Di Kabupaten Bojonegoro sendiri, PKG telah menyediakan 148.188 ton pupuk bersubsidi dengan rincian 53.878 ton pupuk urea, 17.337 ton pupuk Za, 14.540 pupuk jenis SP-36, 37.702 jenis NPK dan pupuk organik sebanyak 24.731 ton. Jumlah ini tentu tak mencukupi dengan ajuan RDKK Kabupaten Bojonegoro.

“Alokasi pupuk di Bojonegoro ini berdasarkan Pergub dan Perbup,” imbuhnya.

Untuk mengatasi kekurangan pupuk, Yusuf menyarankan agar saat kekurangan pupuk, para petani membeli pupuk non subsidi yang dijual bebas.(**mcb)

Leave a Comment