Share

PKK Bojonegoro Berinovasi Ciptakan Ratusan Menu Sehat

Ratusan menu inovasi tersaji di Pendopo Malowopati, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Jawa Timur, Senin (16/6/2014) pagi. Ratusan menu inovasi ini merupakan hasil karya anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Ratusan menu inovasi tersaji di Pendopo Malowopati, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro Jawa Timur, Senin (16/6/2014) pagi. Ratusan menu inovasi ini merupakan hasil karya anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Menu makanan dan minuman yang tersaji rapi ini menunggu untuk dinilai oleh dewan juri dalam Lomba Cipta Menu Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Dewan juri terdiri dari chef Hotel Aston Bojonegoro, ahli gizi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bojonegoro dan pengajar dari Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Tata Boga.

Lomba yang dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Bojonegoro, Dra. Hj. Mahfudhoh Suyoto, M.Si ini bertujuan untuk mengatasi kerawanan pangan khususnya bagi ibu hamil dan menyusui serta bayi dan balita.

“Dalam masa keemasan bayi dan balita, asupan gizi harus sangat diperhatikan,” ujarnya dihadapan ratusan peserta dari 28 kecamatan di Bojonegoro.

Selain kandungan gizi, cita rasa dan penyajian, salah satu poin penting dalam penilaian adalah penggunaan bahan pangan lokal. hal ini tampak dari berbagai menu yang disajikan tergolong unik seperti Sup Waluh, Nasi Telo Warna, hingga Bubur Gembili.

Seperti diketahui, kabupaten Bojonegoro saat ini sedang menggiatkan pemberdayaan bahan pangan lokal. Khususnya untuk umbi-umbian yang banyak terdapat di Bojonegoro.(*/lyamcb)

Leave a Comment