Share

PKK Bojonegoro Gelar Lomba Batita Sehat dan Pelatihan APE

“Kurang gizi biasanya diasumsikan terjadi di keluarga yang kurang sejahtera, namun faktanya hal ini karena salahnya pola asuh dan bisa terjadi di keluarga yang sejahtera ekonominya,” jelas isteri Wakil Bupati Bojonegoro ini.

Bojonegoro (Media Center) – Tim Penggerak PKK menggelar lomba Balita sehat yang dilaksanakan di Panti PKK, Senin (10/11/2014) kemarin. Wakil Ketua Tim Penggerak TP PKK Kabupaten Bojonegoro, Ny. Siti Asminarti Setyo Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba batita sehat yang digelar oleh TP-PKK Kabupaten ini merupakan agenda yang digelar oleh Kelompok Kerja (Pokja IV). Yang dikhususkan kepada batita dari keluarga pra sejahtera. Penilaian utamanya adalah bagaimana keluarga menyiapkan pola asuh yakni asupan gizi untuk balitanya.

“Kurang gizi biasanya diasumsikan terjadi di keluarga yang kurang sejahtera, namun faktanya hal ini karena salahnya pola asuh dan bisa terjadi di keluarga yang sejahtera ekonominya,” jelas isteri Wakil Bupati Bojonegoro ini.

Sementara itu Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, Kun Mariyatin menjelaskan, lomba diikuti oleh Batita dari keluarga pra sejahtera, yang berusia mulai 1 tahun sampai dengan usia 3 tahun. Selain itu, persyaratan yang harus dipenuhi yakni menunjukkan Kartu Ibu dan Anak (KAI) dan balita harus telah imunisasi lengkap baik jumlah maupun waktu imunisasinya.

Penilaian lomba meliputi beberapa aspek diantaranya pemeriksaan kesehatan yang meliputi kesehatan badan, gigi dan perkembangan motorik dan psikologi batita. Dewan juri melibatkan beberapa dokter dan psikolog dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djatikusuma Bojonegoro.

Keluar sebagai Juara I Kodrat Dirgantari Dwi Ajeng Kumala dengan total nilai 684,6 dari Kecamatan Bojonegoro. Juara II Anggun Sri Susena dengan total nilao 683,1 dari Kecamatan Sukosewu dan Juara III dari Kecamatan Padangan Siti Ulfia Borokatunnazila.

Masih dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, kemarin tak hanya menggelar lomba Batita sehat namun juga pelatihan Alat Peraga Edukatif (APE) yang digelar oleh Pokja II TP PKK yang diikuti oleh kurang lebih 60 kader Taman Posyandu. Pelatihan ini diharapkan akan memberikan informasi dan pengetahuan kepada para kader untuk memanfaatkan barang limbah disekitar kita menjadi barang yang produktif untuk mendukung kegiatan di Taman Posyandu.(humas/**mcb)

Leave a Comment