Share

PMI Buka Lapak di Alun-alun, Stok Darah Aman

Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bojonegoro, Jawa Timur, selama bulan ramadhan tetap stabil. Meski jumlah pendonor saat pagi dan siang hari menurun drastis, namun jumlah stok darah aman dan diperkirakan akan tersedia hingga lebaran nanti.

Bojonegoro (Media Center) – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bojonegoro, Jawa Timur, selama bulan ramadhan tetap stabil. Meski jumlah pendonor saat pagi dan siang hari menurun drastis, namun jumlah stok darah aman dan diperkirakan akan tersedia hingga lebaran nanti.

Nurhamid, staff Unit Donor Darah (UDD) PMI Bojonegoro menyatakan, pada Jumat (11/7/2014) jumlah stok darah untuk golongan A sebanyak 42 kantong, golongan darah B 157 kantong, golongan darah AB 12 kantong dan golongan O 178 kantong.

Jumlah ini menurutnya, bisa tercapai karena PMI Bojonegoro membuka lapak donor darah di depan pendopo Malowopati Bojonegoro pada sore hingga malam hari.

“Kita buka stand donor di sebelah timur Alun-alun Bojonegoro, setiap hari setidaknya ada 10-25 kantong yang didapat,” ujarnya.

Selain itu, para pedonor juga ada yang bersedia melakukan donor darah di siang hari. Salah satunya Maruto, staf Perum Perhutani Bojonegoro ini mengaku tak masalah melakukan donor darah di Bulan Ramadhan. Bahkan, ia mengaku rutinitas donor darah ini tak mengganggu ibadah puasa.

“Tak ada efek di badan karena sudah terbiasa, selain itu juga tidak membatalkan puasa” imbuhnya.

UDD PMI Bojonegoro mengaku, memang tak banyak donor yang bersedia melakukan pengambilan darah di siang hari saat berpuasa. Hal ini lantaran para pendonor beranggapan akan merasa lemas atau pusing usai melakukan donor darah. (**mcb)

Leave a Comment