Share

Polres Bojonegoro Amankan Solar Ilegal

Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, berhasil mengamankan 4200 liter solar ilegal dan 7 kendaraan bermotor di Dusun Bungkal, Desa Mayangrejo, Kecamatan Balen, Senin (15/9/2014) malam. Penangkapan ini dilakukan oleh tim yang dibentuk untuk mengantisipasi penyalahgunaan BBM.

Bojonegoro (Media Center) – Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, berhasil mengamankan 4200 liter solar ilegal dan 7 kendaraan bermotor di Desa Kalirejo, Kecamatan Bojonegoro, Senin (15/9/2014) malam. Penangkapan ini dilakukan oleh tim yang dibentuk untuk mengantisipasi penyalahgunaan BBM.

Kapolres Bojonegoro, AKPB Adi Wibowo, mengatakan, sebanyak 9 pelaku yang diamankan dengan inisial MS, WS, AS, YH, HR, NR dan ST. Dari sembilan pelaku, tujuh diantaranya adalah yang membeli solar dengan jirigen dan dua lainnya diduga sebagai penadah.

“Modus yang digunakan para pelaku adalah dengan cara membeli solar di beberapa SPBU sekitar kota Bojonegoro, lalu menimbunnya kedalam tanki -tanki besar didalam sebuah rumah,” ujarnya.

Ia menyampaikan, belum mengetahui secara pasti tujuan dari penimbunan BBM jenis solar ini karena masih dalam pengembangan penyidik. “Kita lihat dulu perkembangannya,”tegasnya.

Karena hal ini, pelaku dijerat Pasal 55 Undang-Undang No 22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara. Dalam operasi ini, Kepolisian akan terus mengembangkan kasus ini apakah ada jaringan khusus dalam aksi penimbunan BBM.(**mcb)

Leave a Comment