Share

Polres Bojonegoro Periksa Urine Pengemudi Angkutan Lebaran

Bojonegoro (Media Center) – Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (16/7), memeriksa urine atau air kencing pengemudi bus dan mobil penumpang umum (MPU) di Terminal Rajekwesi. Hal ini sebagai usaha mengamankan penumpang selama Hari Raya Idul Fitri 14536 Hijriyah.

“Tidak semua pengemudi bus dan MPU bisa diperiksa urinenya. Mungkin ada yang takut kemudian menghindar,” kata Kasat Narkoba Polres Bojonegoro AKP Sjenie Margriet Lumowa, di Terminal Rajekwesi.

Namun, menurut dia, kalau ada pengemudi yang diketahui positif mengandung narkoba tetap akan diproses secara hukum.”Kalau ada yang terbukti urinenya mengandung narkoba ya kita periksa. Kalau memang memungkinkan akan kita proses secara hukum,” katanya, menegaskan.

Ia mencontohkan dalam pemeriksaan urine awak bus di daerah setempat beberapa waktu lalu, juga yang diketahui positif mengandung narkoba, sehingga juga diproses secar hukum.

Yang jelas, menurut dia, adanya pemeriksaan urine juga kesehatan pengemudi bus dan MPU tersebut, sebagai langkan preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas bus dan MPU.

Anggota medis dari rumah sakit (RS) Wahyu Tutuko, milik Polres Bojonegoro dr. Naf’an, menjelaskan, dari 11 air kencing pengemudi MPU, tidak ada yang terindikasi memakai narkoba.

“Hasil pemeriksaan air kencing negatif,” ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan, jajaran tim medis RS Wahyu Tutuko, masih melakukan pemeriksaan air kencing dan kesehatan pengemudi bus.

“Pemeriksaan kesehatan pengemudi hanya melihat tekanan darahnya,” kata Naf’an.(sa/*mcb)

Leave a Comment