Share

QR-YANSWAB, Inovasi Puskesmas Temayang Wakili Jatim ke Tingkat Nasional

Bojonegoro – Inovasi QR-YANSWAB (Quick Respon Pelayanan Swab) yang dikembangkan oleh Badriatus Solihatin, tenaga kesehatan (nakes) Analis Puskesmas Temayang, Kabupaten Bojonegoro mendapatkan juara 1 tingkat Provinsi. Atas pencapaian ini, Badriatus menjadi perwakilan Jawa Timur sebagai Ahli Teknologi Laboratorium Medik ke tingkat nasional. Inovasi ini juga dibantu oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan POLRI.
 
QR-YANSWAB sendiri ialah respon cepat pelayanan swab Puskesmas Temayang untuk segera dilayani sehingga dapat segera mendapat penanganan yang diperlukan. Dengan demikian, tingkat keparahan dan angka kematian dapat ditekan. Beberapa program tracing di tingkat desa dengan beberapa macam di antaranya adalah Tes Swab ke Desa tracing virus keliling (TESA ke Desa Traveling) yaitu melakukan tracing di 12 desa yang berada di Kecamatan Temayang.
 
Lalu siap bergerak pelayanan swab (Siber Yanswab) yaitu layanan screening dengan cara keliling di tempat umum. Selanjutnya Chamber swab keliling (CS Keliling) yaitu pelaksanaan layanan swab yang bisa bisa dibongkar pasang agar memudahkan nakes jemput bola ke masyarakat.
 
“Saya memberikan apresiasi kepada petugas laboratorium Puskesmas Temayang serta TNI dan POLRI yang melakukan tracing di tingkat desa,” ucap Imam Cahyono selaku Camat Temayang. Inovasi ini juga mendapatkan apresiasi dari Dinas Kesehatan karena sangat membantu dalam penanganan virus Covid-19.
 
“Keterlibatan saudara Badriatus dengan inovasinya sangat membantu kepada penyintas covid maupun kontak erat dengan penyintas covid. Selamat atas pencapaiannya dan tetap semangat”, ungkap Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ani Pujiningrum.
 
Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah juga mengucapkan selamat atas inovasi QR-YANSWAB yang menjadi perwakilan Jawa Timur ke tingkat nasional. “Saya bangga sekali dengan saudari Badriatus dengan inovasi yang sangat jitu yaitu QR-YANSWAB. Selamat atas pencapaiannya ditingkat provinsi dan terus semangat semoga mendapatkan juaralagi di tingkat nasional”, tuturnya.
 
Untuk mendukung inovasi ini, pihak Puskesmas Temayang mengharapkan dukungan masyarakat Bojonegoro di tingkat nasional dengan meng-like dan share video YouTube tentang QR-YANSWAB di link https://youtu.be/bkNXyGa6tKo.
 
Bagi masyarakat Kecamatan Temayang yang mengalami hilang indra penciuman, batuk/pilek, maupun tenggorokan sakit dapat menghubungi layanan QR-YANSWAB Puskesmas Temayang di nomor telepon 082247319331. [del/cs]

Leave a Comment