Share

Ratusan Warga Urus SKCK Untuk Tes Perangkat Desa

Bojonegoro, 26/7 (Media Center) – Sebanyak 500 warga Bojonegoro, Jawa Timur, mengurus surat keterangan tidak pernah dipidana di kantor Pengadilan Negeri setempat pada Selasa (26/7/2017).
Kepala Bagian Humas Pengadilan Negeri Bojonegoro, Isdaryanto, mengatakan, surat keterangan tersebut digunakan sebagai salah satu syarat untuk tes perangkat desa.
“Rata-rata untuk pendaftaran perangkat desa,” ujarnya.
Pengadilan negeri memang berhak mengeluarkan surat keterangan tidak pernah dihukum ini atas dasar dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) kepolisian.
“Ramai-ramainya permintaan surat jeterangan ini tidak hanya saat tes perangkat saja, melainkan untuk tes CPNS, BUMN, dan kepala desa,” tukasnya.
Sementara itu, pengisian lowongan perangkat desa bakal dilaksanakan dengan ujian tertulis akan digelar Minggu (24/9) dengan dilaksanakan di 28 Kantor Kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD), Djumari menyampaikan, meski dilaksanakan di kantor kecamatan namun kepanitiaan dalam kegiatan tersebut tetap berasal dari desa masing-masing.
“Sedangkan tim kabupaten yang menjadi pengawas adalah masing-masing camat yang berada di wilayah tersebut,” lanjutnya.
Kegiatan tahapan pengisian lowongan perangkat desa sudah diawali dengan sosialisasi dan selanjutnya adalah pembentukan panitia.
Pendaftaran dibuka pada tanggal 5 hingga 22 Agustus 2017. Serta ujian tertulis yang bakal dilaksanakan pada Minggu, 4 September 2017 mendatang.(dwi/mcb)

Leave a Comment