Share

Riuhnya Pasar Burung TBS Bojonegoro

Pasar Burung TBS ini buka sejak pagi hari. Namun jika ingin melihat dan mendengar ramainya kicauan burung, pukul 09.00 – 10.00 menjadi saat yang tepat. Biasanya para pedagang akan menggantung sarang burung berjejeran sehingga selain mendengar kicau burung juga bisa mengadu suara burung mana yang lebih merdu.

Bojonegoro (Media Center) – Lokasinya tepat di tepian sungai Bengawan Solo, Pasar Burung Taman Bengawan Solo (TBS) merupakan jujugan penyuka burung berkicau, baik itu dari dalam Bojonegoro, maupun dari luar kabupaten.

Bagi pecinta burung kicau, pasar burung TBS adalah tempat yang cukup favorit sebagai ajang mencari, menjual, berbagi ilmu, ataupun sekedar melihat dan mendengarkan riuhnya kicauan aneka jenis burung.

Soal harga, di lokasi yang berada tepat sebelah utara Pasar Kota tersebut, para pedagang menawarkan dengan harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Pasar Burung TBS sebenarnya buka setiap hari, namun pengunjung pasar burung tersebut akan sangat ramai di saat hari minggu. Berbagai kalangan dari penjuru desa dan kabupaten tetangga, akan tampak memenuhi lokasi yang berada di atas tanggul Bengawan Solo.

Suyanto, salah satu penjual burung berkicau, mengaku mempunyai jadwal khusus untuk memajang burung-burung dagangannya di Pasar Burung TBS pada hari minggu, namun saat hari biasa ia memilih untuk berjualan di tepi jalan Trunojoyo, yakni sebelah selatan pasar burung ini.

“Kalau Minggu, semua penghobi burung berkumpul di pasar burung,” ujarnya sambil membersihkan kandang. Banyaknya pengunjung dan pedagang yang memajang aneka burung berkicau, membuat Pasar Burung TBS bagaikan arena pameran dan lomba burung berkicau.

Saat hari Minggu pembelian burung berkicau menjadi berlipat, jika hari biasa hanya bisa menjual 2 hingga 3 ekor saja, di hari Minggu burung berkicau dagangan yang dipajang bisa terjual hingga 5 ekor tiap pedagangnya.

“Tidak semuanya beli, kadang cuma lihat-lihat dan minta saran soal burung kicau,” lanjutnya. Pasar Burung TBS ini buka sejak pagi hari. Namun jika ingin melihat dan mendengar ramainya kicauan burung, pukul 09.00 – 10.00 menjadi saat yang tepat.

Biasanya para pedagang akan menggantung sarang burung berjejeran sehingga selain mendengar kicau burung juga bisa mengadu suara burung mana yang lebih merdu. (*/lyamcb)

 

Leave a Comment