Share

Rumah yang Dirohohkan di Mayangrejo Kosong Tak Ditempati

Bojonegoro, Media Center – Belum dilaksanakannya rehab rumah tak layak huni di Dusun Gempol RT/13 RW /07 Desa Mayangrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, karena masih ada persoalan keluarga.

Menurut Camat Kalitidu, Imam WS, berdasarkan hasil klarifikasi yang dilakukan kepada Pemerintah Desa Mayangrejo, bangunan rumah yang dirobohkan tersebut milik Ridwan, anak Ranti (90). Rumah tersebut selama ini kosong tidak ditempati karena kondisinya sudah reyot. Sementara Ridwan tinggal di Desa Mojosari.

Sedangkan Mbah Ranti menempati rumah milik Abdul Latif, yang berada disamping rumah yang dirobohkan. Sementara tanah yang ditempati rumah yang dirobohkan milik Farid, cucu Mbah Ranti.

“Jadi rumah itu kosong. Tidak ditempati Mbah Ranti. Mbah Ranti tinggal di rumah sampingnya yang dirobohkan itu,” ujar Imam dihubungi, Jumat (10/7/2020).

Imam menjelaskan, perobohan rumah milik Ridawan tersebut murni masalah keluarga. Sebab keluarga Mbah Ranti sebelumnya telah sepakat untuk merobohkan rumah ridwan yang dibuktikan dengan berita acara kesepakatan keluarga dengan disaksikan perangkat desa setempat. Berita acara tersebut ditandatangani oleh tiga anak Mbah Ranti yakni Siti Atemah, Kusno, Abdul Latih dan dua perangkat desa yaitu Tamiji dan Siti Maslikah. Sedangkan ridawan tidak ikur dalam musyawarah keluarga.

“Rumahnya itu sudah mau ambruk, dan keluarga Mbah Ranti sudah sepakat dirobohkan. Yang merobohkan pihak keluarga sendiri disaksikan perangkat desa,” terang Imam setelah mendapat laporan dari anggota trantib Kecamatan Kalitidu usai turun ke Desa Mayangrejo.

Imam mengaku telah meminta Pemdes Mayangrejo menyelesaikan masalah keluarga teraebut.

“Kami juga sudah meminta agar rumah yang ditempati Mbah Ranti untuk diprioritaskan direhab,” pungkas Imam.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Bojonegoro, Zamrony menyampaikan jika tahun 2020 ini tidak ada program rehap rumah tidak layak huni (RTLH) di Desa Mayangrejo.

“Namun begitu, Pemdes bisa mengusulkan. Dengan mengajukan proposal, menyertai foto dan masuk data basis terpadu,” jelasnya.

Masih terkendalanya rehab rumah Mbah Ranti ini sempat mendapat protes dari Ridwan, salah satu anaknya. Ia berharap agar segera direhab agar bisa ditempati ibunya.(Dwi)

Leave a Comment