Share

Sambut Generasi Emas, Bojonegoro Siapkan Pelatihan 12 Ribu Tenaga Kerja

Menyongsong Generasi Emas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyiapkan pelatihan untuk 12.000 tenaga kerja dan warga Bojonegoro. Program yang dianggarkan sebesar Rp9,5 Miliar ini diambil dari dana APBD 2015 yang akan direalisasikan pada Februari mendatang.

Bojonegoro (Media Center) – Menyongsong Generasi Emas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyiapkan pelatihan untuk 12.000 tenaga kerja dan warga Bojonegoro. Program yang dianggarkan sebesar Rp9,5 Miliar ini diambil dari dana APBD 2015 yang akan direalisasikan pada Februari mendatang.

Pihak Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro menyiapkan 22 jenis pelatihan kewirausahaan dan 12 bidang untuk sertifikasi. Hal ini disampaikan Joko Susanto, Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Selasa (13/1/2015) saat ditemui di kantornya. Ia menjelaskan, pelatihan ini telah disosialisasikan ke seluruh kecamatan hingga ke tingkat desa. Hal ini dilakukan agar semua masyarakat mendapat informasi terkait pelatihan ini.

“Dari tingkat desa maupun kecamatan bisa mengkoordinir pendaftaran, selain itu juga bisa langsung mendaftar di kantor Disnakertransos,” jelasnya.

Ia menuturkan, pelatihan ini gratis dan tak memungut biaya apapun. Selain itu, pelatihan juga bisa dilakukan di lokasi yang diinginkan oleh para peserta.

“Untuk lokasi pelatihan tergantung permintaan peserta. Bisa dilakukan di balai desa, sekolah, pondok pesantren atau dimana saja yang disepakati,” imbuhnya.

Untuk persyaratan mengikuti pelatihan ini, Joko menyebutkan tak ada persyaratan khusus. Untuk pelatihan kewirausahaan, syaratnya hanya warga bojonegoro dan dalam usia produktif (maksimal 35 tahun). Sementara untuk pelatihan sertifikasi, selain warga Bojonegoro dan berusia produktif juga berijazah minimal setingkat SMA dan sederajat.(**mcb)

Leave a Comment