Share

Santunan Bencana Tunggu Pengajuan Camat

Bojonegoro (Media Center) – Santunan korban bencana alam baik korban meninggal maupun rumah rusak di Kabupaten Bojonegoro masih menunggu pengajuan dari pihak kecamatan masing-masing.

Nadif Ulfia, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro menyampaikan, hingga saat ini memang sudah banyak laporan yang masuk, namun untuk pencairan santunan bencana harus melalui pengajuan dari pihak Kecamatan.

“Sejauh ini belum ada pengajuan santunan, kalau sudah ada pengajuan akan segera kami proses,” ujarnya.

Santunan ini, lanjut Mbak Ul -panggilan akrabnya-, untuk rumah yang rusak ringan sebesar Rp 100 ribu, rusak sedang sebesar Rp 1 juta, rusak berat Rp 2,5 juta dan rusak sangat berat hingga roboh sebesar Rp 5 juta. Sementara anggarannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro untuk dana tak terduga.

“Proses pencairannya harus melalui nota dinas,” tukasnya.

Nadif menambahkan, selain santunan kerusakan rumah, BPBD juga memberikan santunan kematian Rp 2,5 juta bagi keluarga korban meninggal akibat bencana di Bojonegoro. Seperti diketahui, di Bojonegoro telah terjadi beberapa kejadian yang memakan korban jiwa seperti korban tenggelam, kebakaran hingga yang terakhir korban angin puting beliung di Kecamatan Tambakrejo.

“Kalau korban meninggal, segera kami beri santunan setelah ada laporan,” pungkas Nadif. (lya/*acw)

Leave a Comment