Share

Sarasehan Peran KIM dalam Literasi Media

Nganjuk (Media Center) – Bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini 2015, Kelompok Informasi Masyarakat se-Jawa Timur mengikuti Sarasehan KIM yang mengangkat tema “Peranan KIM dalam Literasi Media”. Kegiatan ini dipusatkan di salah satu ruang kelas SMK PGRI 3 Nganjuk, Selasa, (21/04/2015).

Kepala Bidang Jarkom Dinkominfo Provinsi Jawa Timur Ambar Sulistyorini mengatakan, sarasehan ini merupakan rangkaian Pekan KIM Jawa Timur VIII tahun 2015. Akan ada dua narasumber yang akan menyajikan materi yakni Ismojo Herdono dan Hernanik Sirikit.

Sementara itu bertindak sebagai moderator dalam sarasehan ini, Wakil Ketua Forum KIM Jawa Timur Nanang Rois langsung membagi sarasehan menjadi tiga sesi. Sesi pertama penyampaian materi dari  Ismojo Herdono, sesi kedua dilanjutkan dengan materi dari Hernanik Sirikit dan sesi terakhir tanya jawab.

Ismojo Herdono menyampaikan, peran KIM dan Pentingnya Pemantauan Media. Media lanjutnya, harus dipantau mulai dari media-media televisi yang menyajikan acara berbentuk siaran langsung, tayangan-tayangan yang kurang mendidik dan lain sebagainya.

Sementara itu, Hernanik Sirikit, pendiri LKM Media Watch memaparkan materi tentang peranan dan pemantauan terhadap perilaku dan produk media. Perempuan yang dikenal dengan nama Sirikit Syah itu menambahkan, Media Watch merupakan lembaga, kelompok atau komunitas yang kegiatannya memantau terhadap perilaku dan produk-produk yang dihasilkan oleh media baik online ataupun cetak.

“Dengan terbentuknya KIM di berbagai daerah diharapkan dapat meningkatkan peranannya untuk ikut serta memantau perilaku dan produk-produk media, karena KIM merupakan fasilitator di masyarakat,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, pengelola KIM se-Jawa Timur sangat antusias mengikuti sarasehan ini. (kim-sendangpotro/dik))

Leave a Comment