Share

Segera Gelar Pelatihan Untuk Operator Palang Pintu Perlintasan KA

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah memasang 7 palang pintu di perlintasan kereta api di tahun 2014 lalu. Palang pintu kereta api ini berada di beberapa titik yang ramai dilalui kendaraan seperti di Desa Sraturejo, Kecamatan Baureno, Desa Medalem dan Talun, Kecamatan Sumberejo, Jl. Panglima Polim, Kecamatan Bojonegoro, Desa Kalipan dan Pungpungan, Kecamatan Kalitidu serta Desa Beged, Kecamatan Gayam.

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro telah memasang 7 palang pintu di perlintasan kereta api di tahun 2014 lalu. Palang pintu kereta api ini berada di beberapa titik yang ramai dilalui kendaraan seperti di Desa Sraturejo, Kecamatan Baureno, Desa Medalem dan Talun, Kecamatan Sumberejo, Jl. Panglima Polim, Kecamatan Bojonegoro, Desa Kalipan dan Pungpungan, Kecamatan Kalitidu serta Desa Beged, Kecamatan Gayam.

Hartono, Kabid Hubungan Darat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro mengatakan, hingga saat ini ketujuh palang pintu perlintasan kereta api telah tuntas dipasang beserta semua kelengkapannya. Namun, hingga kini belum bisa dioperasikan lantaran masih menunggu nota dinas dari bupati terkait anggaran untuk operator perlintasan.

” Rencananya, kita akan minta kepala desa setempat untuk menunjuk warga sebagai operator dan kita buat MoU,” ujarnya.

Ia mengatakan, setidaknya akan dibutuhkan 4 operator di masing-masing perlintasan. Sebelum diaktifkan, para operator akan mendapatkan pelatihan baik dari Dishub Provinsi Jawa Timur maupun dari pihak PT. KAI.

” Jika tak ada halangan, setelah APBD-P akan dimulai pelatihan,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari Dishub, di Kabupaten Bojonegoro terdapat sekitar 79 perlintasan kereta api baik yang melintas di jalan poros hingga jalan yang dibuat warga. Dari jumlah tersebut, 12 diantaranya telah dilengkapi dengan palang pintu oleh PT. KAI dan 7 palang pintu dari Pemkab Bojonegoro. Sementara di tahun 2015 ini, Dishub Provinsi akan memasang dua palang pintu yang akan ditempatkan di Balen dan Kalianyar, Kapas.(**mcb)

Leave a Comment