Share

Selamatan dan Doa Bersama Awali Pengambilan Api Abadi Porprov Jatim ke VI

Bojonegoro, MediaCenter – Kirab api abadi Kayangan Api Pekan Olah Raga Provinsi Jatim ke VI dilaksanakan, Senin (1/7/2019) pagi pukul 08.00 WIB. Sebelum kirab dilaksanakan diawali dengan selamatan dan doa bersama, Minggu (30/6/2019) malam.

Selamatan dan doa bersama dilaksanakan di Pendapa Kayangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro. Dihadiri sejumlah pengurus PB Porprov, KONI Jatim, Panitia Porprov Kabupaten, Camat Ngasem dan Dander, Kepala Desa dan perangkat desa.

Ada tiga tumpeng yang disediakan. Sebelum tumpeng dibrencah (dimakan bersama) peserta lebih dulu berdoa bersama. Dilanjutkan dengan pemberian sesaji tumpeng “Sego Bucu” yang dilakukan oleh juru kunci Kayangan Api.

Sesaji berupa kepala, sayap, kaki dan ekor ayam. Sesaji tersebut kemudian ditaruh di atas kobaran api.

Salah satu panitia, Suyanto menjelaskan, tasyakuran dan doa bersama ini untuk meminta keselamatan dalam pengambilan api abadi yang akan dilaksanakan besok pagi.

“Tujuannya agar kegiatan berjalan sukses dan lancar, tiada aral. Baik dari pelakunya maupun tempatnya tidak ada kerusakan,” ujar pegawai Dinas Kepemudaan dan Olahraga Bojonegoro itu.

Menurutnya pengambilan api abadi Kayangan Api di Bojonegoro ini merupakan salah satu rangkaian penting dalam perhelatan Porprov.

“Karena nafasnya Porprov dari pengambilan api ini sebagai semangat. Itu berangkat dari Bojonegoro,” tegasnya. (Dwi/NN)

Leave a Comment