Share

Serangan Keong Emas Resahkan Petani

Petani di Desa Begadon, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur resah dengan serangan hama keong emas. Hama itu menyerang tanaman padi yang baru umur sekira satu minggu.

Bojonegoro (Media Center) – Petani di Desa Begadon, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur resah dengan serangan hama keong emas. Hama itu menyerang tanaman padi yang baru umur sekira satu minggu. Akibat serangan itu daun tanaman padi rusak dan kemudian menguning. Hama keong emas menyerang tanaman padi yang tergenang air. Di Desa Begadon sendiri selama musim kemarau seperti ini mengandalkan pompanisasi dari Sungai Bengawan Solo.

“Hampir semua tanaman padi yang airnya melimpah dipenuhi keong emas,” kata Narto, petani setempat.

Petani di Desa Begadon mengaku sudah berusaha membasmi serangan keong emas dengan obat-obatan, namun tak juga berhasil. Kemudian menggunakan cara tradisional dengan memungutinya setiap pagi dan sore.

“Kalau warga lain ada yang disemprot obat keong, ada yang diambili satu persatu,” ujar kakek dua cucu itu.

Sementara petani lainnya, Sarmin, mengaku, untuk mengurangi serangan keong dirinya memasang jebakan dengan cara menyebarkan daun pepaya di sawahnya. Daun pepaya itu untuk memancing keong emas agar berkumpul
sehingga mudah memungutinya.

“Sore hari saya kasih daun pepaya, pagi harinya keong – keong itu sudah berkumpul dan tinggal mengambili memasukan kresek,” tambah Sarmin. (**numcb )

Leave a Comment