Share

Setelah KSBP, Kini Fokuskan KPS

Bojonegoro (Media Center) –  PKK Kabupaten Bojonegoro di tahun 2014 lalu berinovasi Kebun Sehat Bergizi Posyandu (KSBP), di tahun ini akan fokus pada program Kartu Posyandu Sehat (KPS).

Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro, Mahfudhoh Suyoto mengatakan, Kartu Posyandu Sehat (KPS) merupakan kartu pantau kondisi ibu hamil, balita dan lansia. Dari kartu pantau ini akan teridentifikasi kondisi mereka semua, sekaligus dapat diketahui deteksi dini riwayat sakit, penyakit serta penanganan apa yang harus segera dilakukan.

KPS ini lanjut dia, tidak hanya sekedar kartu pantau untuk kesehatan namun juga riwayat pengobatan yang dijalani oleh para pemegang KPS.

“Salah satunya saja untuk ibu hamil ini bisa diketahui kondisi kehamilan yang dijalani, apakah ibu tersebut dalam kondisi baik ataukah termasuk dalam kriteria ibu hamil resiko tinggi. Sebelum melakukan aksi nyata dilapangan nanti, akan dilakukan simulasi dan alur sistematika penggunakaan KPS dengan melibatkan Dinas Kesehatan dan Anggota Tim penggerak PKK.

Ibu tiga putera ini menambahkan, alur sistematika ini sangat penting sehingga tidak akan ada satupun yang terlewati. Dengan demikian setiap tahapan bisa diketahui perkembangan dan perubahan yang dialami.

Tidak hanya KPS, saat pembinaan dilapangan nantinya juga akan memantau KSBP. Mulai dari kondisi tanaman di lapangan. Sekaligus mengarahkan pada tata kelola keuangan atau manajemen. Karena harus diingat bahwa KSBP adalah melatih jiwa kewirausahaan dan keberlanjutan mulai dari menambah pendapatan kader sampai dengan sistem bagi hasil antara pengelola, pemilik lahan dan PPL manakala dilibatkan. (tik/*acw)

Leave a Comment