Share

Siap Banjir, Tanggul Sungai Kritis Dinormalisasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro telah memprediksi adanya Banjir yang akan terjadi di akhir bulan Januari 2015. Untuk mengantisipasi banjir di beberapa titik akibat luapan anak sungai Bengawan Solo, beberapa tanggul sungai yang kritis telah dinormalisasi.

Bojonegoro (Media Center) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro telah memprediksi adanya Banjir yang akan terjadi di akhir bulan Januari 2015. Untuk mengantisipasi banjir di beberapa titik akibat luapan anak sungai Bengawan Solo, beberapa tanggul sungai yang kritis telah dinormalisasi.

Seperti dikatakan Andik Sudjarwo, Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, beberapa tanggul sungai Orde 3 atau anak sungai Bengawan Solo sebelumnya memang berada dalam kondisi kritis bahkan jebol. Beberapa sungai tersebut diantaranya Sungai Mekuris, Kalingas, Sungai Sugihan, dan Kali Malo.

“BPBD sudah rekomendasi ke provinsi dan sudah ditindaklanjuti,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, sungai-sungai ini saat ini sudah normal. Bahkan, Sungai Mekuris yang kemarin jebol telah dibenahi oleh Tim BPBD.

Sementara ini, status bencana di Kabupaten Bojonegoro masih dalam status siaga hingga 31 Januari 2015. Jika nanti sebelum tanggal tersebut masih terjadi bencana, maka status akan diperpanjang menjadi Darurat Bencana.(**mcb)

Leave a Comment