Share

Siapkan Formula Tepat Tertibkan Penambang Pasir Mekanik

Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, masih terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi untuk mencari formula yang tepat guna menertibkan penambangan pasir mekanik yang beroperasi di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo di wilayah Bojonegoro.

“Sambil menunggu tim terbentuk, kami sedang memikirkan formula yang tepat,” ujar Kasatpol PP, Arwan, Jumat (15/5/2015) kemarin.

Dia menyampaikan, formula yang dimaksud adalah bagaimana supaya masyarakat Bojonegoro yang juga pelaku penambang sendiri bisa beralih dari kegiatan ilegal ke legal. Sehingga apabila ditertibkan para penambang tetap bisa mencari uang untuk kebutuhan ekonomi mereka.

“Salah satunya beralih pada cara tradisional jangan mekanik,” ungkapnya.

Namun, Arwan mengakui, kendala mengarahkan masayarakat untuk penambangan tradisional terbentur dengan harga. Karena, pembeli cenderung memilih hasil tambang pasir mekanik yang dinilai lebih murah ketimbang penambang tardisional yang sangat mahal.

“Memang selisih harga sangat mencolok, bisa mencapai Rp 200 ribuan,” ungkap Arwan.

Meskipun sekarang ini banyak penambang mekanik yang beroperasi dan menimbulkan ancaman jiwa, namun pihaknya belum bisa berbuat apa-apa. Karena, selain terbentur Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dimana kewenangan ada di Pemprov, juga penindakan ada di tangan kepolisian.

“Kita tunggu saja, hasil rapat koordinasi antara pemkab dan pemprov. Mungkin akhir bulan ini baru dapat hasilnya,” pungkasnya.(Dwi/*mcb)

Leave a Comment