Share

Siapkan Perayaan HJB, Disbudpar Bahas Festival Bengawan Bojonegoro

Kegiatan Festival Bengawan Bojonegoro itu sendiri berisi larung sesaji dan arak-arakan perahu hias, menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bojonegoro, Jawa Timur, dua kegiatan tersebut telah mendapat respon positif dari Bupati Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Tema kehidupan di sepanjang ailiran sungai bakal dijadikan sebagai konsep utama peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) pada bulan Oktober mendatang. Salah satunya adalah gelaran Festival Bengawan Bojonegoro yang telah disiapkan sejak bulan Juni ini.

Kegiatan Festival Bengawan Bojonegoro  itu sendiri berisi larung sesaji dan arak-arakan perahu hias, menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bojonegoro, Jawa Timur, dua kegiatan tersebut telah mendapat respon positif dari Bupati Bojonegoro. “Besok Rabu (18/6/2014) akan dibahas lagi bagaimana bentuk acaranya, yang pasti akan ada larung dan iring-iringan perahu hias,” pungkasnya.

Festival Bengawan Bojonegoro yang bakal digelar selama satu hari itu, merupakan salah satu dari sekian rangkaian acara yang biasa memeriahkan peringatan HJB. Pawai Budaya. Sebelumnya, Dewan Kebudayaan Bojonegoro (DKB) telah membuat usulan berupa peringatan 3 hari 3 malam di sepanjang Bengawan Solo yang melintasi Kabupaten Bojonegoro.

Selain Festival Bengawan Bojonegoro, kegiatan lain yang selalu diselenggarakan untuk memeriahkan HJB tersebut juga akan tetap dipertahankan. Diantaranya adalah Grebek Berkah Jonegaran, pengambilan dan penyemayaman api abadi serta pertunjukan wayang kulit. (*/lyamcb)

Leave a Comment