Share

Siapkan Program KSBP Perikanan

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Perikanan dan Peternakan Bojonegoro bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian pangan dan gizi keluarga melalui progran Kebun Sehat Bergizi Posyandu atau KSBP.

Sekretaris Disnakan, Soemarsono menyampaikan, dalam hal ini pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 900 Juta untuk prioritas bidang perikanan. Sehingga wujud KSBP ini berupa kolam pasang, bibit ikan, obat dan embung.

Target KSBP ini akan disebar di 124 kelompok di 27 Kecamatan,” tukasnya.

Dia menyatakan, nantinya ada kurang lebih 1000 bibit ikan lele, nila dan 100 Kg pakan tiap kolam dan juga obat. Program ini bersifat hibah yang akan diberikan kepada 124 kelompok yang tersebar di seluruh desa.

“Nanti satu kelompok akan ada satu kolam pasang,” tegasnya.

Pihaknya menyatakan, ada melakukan pengawasan dan pemantauan kepada seluruh kelompok melalui petugas mantri ternak. Ada sekitar 28 mantri atau petugas tekhnik peternakan yang siap membantu masyarakat.

“Tujuannya agar dalam melaksanakan KSBP ini bisa sukses dan menghasilkan,” tegasnya.

Sebelum KSBP ini dilaksanakan, Disnakan akan memberikan penyuluhan dan bimbingan bagi semua kelompok. Jangan sampai, program ini gagal dan sia-sia hanya karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman terkait perikanan. (Dwi)

Leave a Comment