Share

Siswa SMP Negeri 5 Bojonegoro Sukses Raih Juara Pertama KOSN Cabor Silat

Bojonegoro – Siswa SMP Negeri 5 Bojonegoro Moc. Rifai terpilih menjadi juara 1 cabang olahraga (cabor) silat dalam Kompetisi Olahraga Sains Nasional (KOSN) dan meraih medali emas. Kompetisi digelar selama dua hari mulai Rabu (23/06/2021) hingga Kamis (24/06/2021) di Aula SMT Model Terpadu Bojonegoro.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Bojonegoro Suyanto mengatakan, tujuan kompetisi ini untuk menjaring bakat dan kreativitas siswa sehingga muncul bibit baru yang siap berkompetisi mewakili Kabupaten Bojonegoro di ajang provinsi.

Penjaringan bibit altet oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro ini menggugah semangat generasi muda untuk terus menumbuh kembangkan potensi dan kreativitas siswa.

Kompetisi KOSN pada cabor silat diikuti oleh 27 putra dari perwakilan masing-masing koordinator wilayah kecamatan (korcam) dan berlanjut pada laga final diikuti 6 peserta dari masing-masing korcam. Setelah dilakukan proses pemilihan, perwakilan siswa yang akan melaju pada kompetisi akan dipilih dan dibentuk menjadi sebuah tim.

“Karena kompetisi KOSN cabor pencak silat ini lebih ke seni bukan fight, jadi melalui proses panjang seleksi. Maka terpilihlah Moch Rifai yang mewakili dan Alhamdulillah berhasil mendapatkan emas. Meski awalnya kami optimis perak,” ucap Kaur Kesiswaan SMP Negeri 5 Bojonegoro M. Fayakun.

Harapan ke depan setelah sukses meraih emas pada ajang kompetisi KOSN cabor pencak silat, nantinya dari pihak sekolah akan lebih terus memotivasi Moch Rifai. Serta melakukan persiapan matang untuk berlanjut pada kompetisi di kancah Provinsi Jawa Timur.

“Nantinya apabila memungkinkan kompetisi kancah provinsi ini dilakukan melalui virtual, kami juga telah menyiapkan beberapa strategi dari seni bahkan pengambilan video untuk dikirim,” imbuhnya.

Leave a Comment