Share

Spillway Waduk Pacal jebol, Stock Air dan Temayang-Nganjuk Terancam

ambrolnya bangunan saluran pelimpas tersebut akan terus berkembang yang kemungkinannya bisa mengancam keberadaan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Temayang dengan Nganjuk

Bojonegoro (Media Center) – Dampak dari jebolnya Spillway Waduk Pacal di Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, mengancam kebutuhan air irigasi tanaman padi musim kemarau di sepanjang daerah irigasinya.

Hal itu disebutkan oleh Sekretaris Dinas Pengairan Bojonegoro Husin (15/4/2014), menurutnya persediaan air di Waduk Pacak dipastikan bakal mengalami penurunan yang sangat drastis akibat mengalir melalui saluran pelimpas yang jebol tersebut.

Spillway Waduk Pacal jebol selebar belasan meter akibat gerusan air limpasan dari waduk setempat yang mengalir melalui saluran pelimpas. Kasi Operasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Mucharom mengatakan, jebolnya spillway tersebut diketahui pagi hari.

Diawal, petugas melaporkan jebolnya hanya sekitar 1 meter. “Tapi karena air terus melimpas ambrolnya saluran pelimpas terus berkembang memanjang belasan meter,” jelasnya.

Bahkan, ia menjelaskan ambrolnya bangunan saluran pelimpas tersebut akan terus berkembang yang kemungkinannya bisa mengancam keberadaan jembatan yang menghubungkan Kecamatan Temayang dengan Nganjuk. (**/mcb)

Leave a Comment