Share

Sudah Belasan Ribu APK Ditertibkan Panwas Bojonegoro

Ratusan atribut partai dan gambar caleg di kawasan perkotaan Bojonegoro yang dinilai menlanggar ketentuan dicopot oleh petugas Panwaslu Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bojonegoro, Jawa Timur, kembali melakukan penertiban atribut kampanye (27/3/2014). Ratusan atribut partai dan gambar caleg di kawasan perkotaan Bojonegoro yang dinilai menlanggar ketentuan dicopot oleh petugas Panwaslu Bojonegoro. Menurut pihak Panwaslu, hingga saat ini sudah belasan ribu pelanggaran terkait Alat Peraga Kampanye (APK) yang berhasil ditertibkan.

“Tadi sempat kesulitan saat ada alat peraga kampanye raksasa di kawasan Jalan Veteran dan Gajahmada, tapi semuanya udah kami berhasil copot,” ujar Mustofirin, Ketua Panwaslu Bojonegoro. Di Kecamatan kota sendiri, hari ini sekitar 250 APK telah ditertibkan.

APK tersebut dinilai Peraturan Bupati (Perbup) Bojonegoro No.24 tahun 2012 tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Peraturan KPU No. 15 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu 2014. Dalam Perbup, salah satunya dijelaskan bahwa tidak boleh ada pemasangan atribut-atribut di sekitar tarffic light (lampu merah), sementara itu untuk Peraturan KPU, yang paling banyak dilanggar adalah aturan mengenai zonaisasi kampanye yang telah ditetapkan.

Menurut pihak Panwaslu, salah satu kendala penertiban APK yang melanggar ketentuan adalah yang berada di Kecamatan, seperti di Kecamatan Temayang dan Kepohbaru, karena masalah teknis. “Petugas kami siap, tapi kadang pihak Satpol PP kecamatan yang belum berani melangkah. Itu terjadi di Temayang dan Kepohbaru,” tambahnya. (*/mcb)

Leave a Comment