Share

Susuri Jalan Desa, Kirab Api Abadi Berlangsung Meriah

Prosesi pengambilan api abadi dalam rangka peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 337 dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian kegiatan tahunan itu berlangsung meriah dan semarak.

Bojonegoro (Media Center) – Prosesi pengambilan api abadi dalam rangka peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke 337 dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian kegiatan tahunan itu berlangsung meriah dan semarak. Jika tahun sebelumnya, setelah prosesi pengambilan api di Kayangan Api Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, obor api langsung di bawa ke Pendapa Malowopati. Namun tahun ini, obor api lebih dulu diserahkan Camat Ngasem, Suwignyo kepada Camat Dander, Fathur Rohman baru dikirab menuju pendapa.

Tak hanya itu, rute yang dilalui kirab api abadi juga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun lalu kirab melalui jalan Raya Bojonegoro – Nganjuk, yakni Pasar Desa Dander, namun tahun ini melalui jalan poros desa. Yakni pertigaan Masjid Dander ke utara menuju Desa Sendangrejo – Somodikaran – Ngumpakdalem – sampai Pasar Desa Ngumpakdalem baru melewati jalan Raya Al Rosyid.

Dari pantauan, sepanjang rute yang dilewati kirab api disambut oleh ratusan siswa-siswi tingkat sekolah dasar. Mereka berdiri di sepanjang kanan kiri jalan dengan didampingi bapak-ibu guru sambil melambai-lambaikan bendera merah putih. Selain itu beberapa kesenian musik seperti drumban dan rebana juga menyambut dan mengiringi kirab api abadi.

“Tahun ini sengaja kita lewatkan di jalan poros desa agar masyarakat bisa menontonnya dan mengetahui kegiatan ini. Kita juga ingin mengenalkan kepada anak-anak tentang hari bersejarah bagi Bojonegoro, yakni Hari Jadi Bojonegoro yang jatuh setiap tanggal 20 Oktober,” kata Kepala Bidang Pengembangan Budaya dan Pariwisata DInas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Suyanto di sela-sela prosesi pengambilan api abadi, Minggu (19/102014).

Selain disambut para siswa, kirab ini juga mengundang perhatian masyarakat yang tinggal di sepanjang jalan yang menjadi rute. Mereka berbondong-bondong memadati jalan. Bahkan tak jarang beberapa petani yang sedang asik menggarap sawah, terlihat berhenti sesaat untuk menyaksikan kirab api.

Kirab ini berhenti dan disemayamkan di Kantor Bakorwil Bojonegoro. Obor api akan diserahkan Camat Dander kepada Ketua Panitia Hari Jadi Bojonegoro, Adie Witjaksono. Setelah itu obor api akan di serahka kepada Bupati Bojonegoro, Suyoto di depan Kantor Pemeritah Kabupaten Bojonegoro untuk kemudian dibawa menuju ke alun-alun dengan jalan kaki diringi Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dilanjutkan Gerebek Berkah Jonegaran.(**numcb)

Leave a Comment