Share

Tahun Depan, 279 PNS Masuki Pensiun

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 279 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan memasuki masa pensiun pada Tahun 2016 mendatang. Ratusan PNS itu akan purna tugas Terhitung Mulai Tanggal (TMT) Bulan Januari-Oktober.

Kebanyakan di antara para PNS yang akan purna tugas itu berasal dari jajaran Dinas Pendidikan, sedangkan sisanya dari berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Asisten II Sekretariat Kabupaten Bojonegoro, Setyo Yuliono menjelaskan tentang lika-liku kepengurusan pensiun yang dialami oleh PNS purna beberapa waktu lalu. Diceritakan PNS Purna beberapa tahun lalu harus mengurus kelengkapan mereka sendiri. Tidak hanya itu pembayaran juga demikian tak bisa langsung terbayarkan, namun harus menunggu beberapa waktu.

“Tapi kini semua itu sudah tidak dialami lagi oleh PNS Purna Tugas di Bojonegoro. Sejak beberapa tahun lalu Pemkab memberikan layanan kemudahan administrasi sehingga tidak perlu lagi bersusah payah,” kata saat mewakili Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono pada sosialisasi Ketaspenan yang digelar oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bojonegoro di Pendapa Malwopati, Selasa (31/3/2015). Sosialisasi itu dihadiri PT Taspen Cabang Utama Wilayah Surabaya, PT Pos dan Perbankan mitra pembayaran uang pensiun.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Bojonegoro, Zainuddin, laporannya menjelaskan, 283 peserta yang hadir dalam sosialisasi Ketaspenan ini terdiri dari 180 guru, pengawas sekolah 1 orang, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) 4 orang. Petugas kesehatan yang memasuki purna nantinya ada 4 orang Serta untuk struktural eselon IV dan III masing 9 dan 24 orang.

“Sedangkan untuk jabatan fungsional umum yang memasuki purna ditahun 2016 mendatang sejumlah 62 orang,” ujar Zainuddin.

Berdasarkan data yang dihimpun, di Kabupaten yang memasuki purna tugas per 1 Januari sampai dengan Oktober sejumlah 279 orang dengan rincian. Per 1 Januari sejumlah 15 orang, per Pebruari 17 orang dan per 1 Maret 12 orang. Jumlah ini meningkat yakni per 1 April 29 orang, Per 1 Mei 38 orang. Bulan Juni sebanyak 36 orang, juli 46 orang, agustus 39 orang, september 39 orang dan Bulan Oktober nanti 20 orang. Sedangkan total keseluruhan PNS purna di tahun 2016 sampai dengan Bulan desember sejumlah 322 PNS.(humas/dwi)

Leave a Comment