Share

Tahun Depan Fokuskan Unas dengan CBT

Bojonegoro (Media Center) – Wacana pelaksanaan Ujian Nasional 2016 di Kabupaten Bojonegoro akan menggunakan Computer Based Test (CBT) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Untuk mewujudkan hal ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro telah menyiapkan strategi untuk pelaksanaannya.

Puji Widodo, Kabid Pendidikan SMP-SMA/SMK menjelaskan, yang paling dibutuhkan dalam pelaksanaan CBT adalah perangkat komputer. Hal inilah yang menjadi syarat masing-masing sekolah bisa menggelar CBT.

“Setidaknya, masing-masing sekolah yang menggelar CBT harus memiliki perangkat komputer minimal sepertiga dari jumlah peserta UN di sekolah tersebut,” jelasnya saat ditemui kanalbojonegoro.com, Selasa (28/4/2015).

Ia menuturkan, pelaksanaan UN dengan cara CBT ini memiliki banyak keunggulan dibanding pelaksanaan UN secara Paper Based Test (PBT). Selain lebih ekonomis lantaran tak butuh mencetak kertas soal maupun lembar jawaban, dana UN CBT juga tak membutuhkan pengamanan ketat.

“Selain itu, UN CBT dijamin lebih jujur karena memiliki hingga 500 paket soal. Sementara PBT hanya 100 paket,” lanjutnya.

Untuk menyiapkan UN CBT di Kabupaten Bojonegoro, mantan Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro ini menyebutkan, Dinas Pendidikan akan mengajukan anggaran untuk mendukung sekolah yang telah siap CBT seperti pengadaan Genset hingga penambahan perangkat komputer pada APBD 2016 mendatang.

“Selain itu, ada juga bantuan dari Direktorat Pendidikan untuk pelaksanaan CBT tahun depan,” tukasnya. (lya/*acw)

Leave a Comment