Share

Tandatangani Kerjasama Kembangkan Pembibitan Jahe Merah

Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Bojonegoro menandatangani kerjasama pembibitan jahe dengan pelaku usaha muda di Desa Sukosewu, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, Senin (9/2/2015).

Bojonegoro (Media Center) – Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kabupaten Bojonegoro menandatangani kerjasama pembibitan jahe dengan pelaku usaha muda di Desa Sukosewu, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, Senin (9/2/2015).

Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Bojonegoro, Danial Abidin, mengungkapkan, kerjasama tersebut berbentuk kemitraan berupa investasi FPKT kepada pelaku usaha muda lokal terkait pembibitan jahe merah.

“Kerjasama ini merupakan bentuk implementasi pemberdayaan karang taruna dalam hal ekonomi produktif atau UEP,” tukasnya.

Danial mengungkapkan, dalam pembibitan jahe merah tersebut pelaku usaha akan memberdayakan karang taruna melalui kelompok usaha pembibitan jahe merah di Desa Sukosewu.

“Kami berharap program ini menjadi sarana studi banding bagi desa atau karang taruna lain,” imbuhnya.

Dia menyatakan, program ini juga sebagai wujud implementasi jargon dari Bupati Suyoto yang ingin menjadikan wong jonegoro produktif, sehat, dan bahagia.

“Salah satunya melalui pemberdayaan UEP dalam wadah karang taruna, sehingga tidak hanya dicap sebagai organisasi “agustusan” saja tapi mampu melakukan sesuatu yang produktif,” tambahnya.

Sementara itu, pelaku usaha pembibitan, Mualim, menyampaikan, jahe merah digunakan sebagai bahan obat tradisional dan sekarang diburu banyak orang karena khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan.

Selain untuk kebugaran, jahe merah berkhasiat untuk menyembuhkan rematik, tulang keropos, asma, stroke, dan menambah stamina. (re/*acw)

Leave a Comment