Share

Tanggap Bencana, BPBD Distribusikan Logistik Dapur Umum

Menyambut banjir yang menjadi tamu tahunan di Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro telah mendistribusikan logistik pada beberapa komunitas Dapur Umum yang tersebar di beberapa wilayah yang rawan banjir.

Bojonegoro (Media Center) – Menyambut banjir yang menjadi tamu tahunan di Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro telah mendistribusikan logistik pada beberapa komunitas Dapur Umum yang tersebar di beberapa wilayah yang rawan banjir.

“Salah satunya di beberapa wilayah Kecamatan Balen yang menjadi binaan dari PMI,” ujar Nadif Ulfia, Sekretaris BPBD Bojonegoro, Sabtu (7/2/2015).

Ia menjelaskan, logistik yang telah diberikan seperti beras, minyak goreng hingga mi instan. Nantinya, warga secara swadaya akan membuka dapur umum saat diperlukan.

“Kebutuhan lainnya seperti peralatan dan sayuran, Komunitas Dapur Umum akan melengkapi sendiri secara swadaya,” imbuhnya.

Diketahui, beberapa lokasi rawan banjir seperti di wilayah Kecamatan Balen, Kanor dan wilayah Ledok Kulon di Kecamatan Bojonegoro kota telah memiliki Komunitas Dapur Umum yang beranggotakan warga setempat. Beberapa komunitas merupakan binaad PMI Bojonegoro yang menggelar program Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang berpusat di tiga desa di Kecamatan Balen yakni Desa Mulyorejo, Sarirejo dan Desa Pilanggede. (**mcb)

Leave a Comment