Share

Targetkan RTH Ideal di 2018

Bojonegoro (Media Center) – Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi salah satu bagian penting bagi kota atau kabupaten. Tak hanya menjadi salah satu indikator bagi penilaian Adipura, RTH memiliki peran penting bagi kondisi lingkungan dan kualitas udara.

Hal inilah yang saat ini tengah digiatkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro. Dari luasan ideal RTH yakni 30% dari luas wilayah dengan rincian 20% RTH publik dan 10% RTH privasi, Kabupaten Bojonegoro baru memiliki 11% RTH publik. Sementara RTH privasi belum memadai karena kurangnya tanaman hijau.

“Sementara ini, untuk wilayah kota masih kurang karena pembangunan yang semakin padat. Namun, di desa sudah memadai karena ada hutan dan sawah,” tutur Fatoni, Kabid Pertamanan dan Keindahan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro.

Fatoni menambahkan, untuk memenuhi RTH ideal, pihaknya telah menargetkan pencapaian RTH 30% akan tuntas di tahun 2018. Hal ini lantaran perluasan RTH ini sejalan dengan (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) RPJMD.

“Kita juga berkoordinasi dengan Bappeda agar jika ada pembangunan tak sampai mengurangi RTH,” tukas Fatoni. (lya/*acw)

Leave a Comment