Share

Tari Thengul Jadi Tarian Menyambut Tamu

Tari Thengul yang merupakan salah satu kesenian khas Kabupaten Bojonegoro yang mulai dikenal oleh berbagai daerah lain. Hal ini lantaran tari yang berbasis dari gerakan wayang thengul ini dibawa ke berbagai event daerah lain yang mengundang Kabupaten Bojonegoro sebagai salah satu peserta.

Bojonegoro (Media Center) – Tari Thengul yang merupakan salah satu kesenian khas Kabupaten Bojonegoro yang mulai dikenal oleh berbagai daerah lain. Hal ini lantaran tari yang berbasis dari gerakan wayang thengul ini dibawa ke berbagai event daerah lain yang mengundang Kabupaten Bojonegoro sebagai salah satu peserta.

Tari thengul yang telah dipatenkan sebagai tari kreasi putra daerah Bojonegoro ini dapat diterima baik oleh masyarakat luar Bojonegoro. Menurut Suyanto, Kabid Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata Disparbud kabupaten Bojonegoro, hal ini tampak dari antusiasme warga Kediri saat melihat penampilan tari thengul di kotanya beberapa waktu lalu.

“Kami sudah membawa tari thengul ke beberapa Kabupaten seperti Kediri, dan mereka sangat terkesan dengan tarian yang kami suguhkan,” tegasnya.

Bahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa hotel yang sering menampilkan tari-tarian sebagai acara pembuka ataupun saat ada tamu negara atau tamu penting lainnya. Tak hanya tari Thengul saja, tapi juga wayang Thengul yang sejak jaman nenek moyang telah menjadi tontonan masyarakat akan dikembangkam dan dilestarikan oleh Pemkab Bojonegoro.

“Terimakasih karena banyak pihak yang mendukung tari thengul untuk dipatenkan,” tutupnya.

Leave a Comment