Share

Tegaskan Belum Ada Pencemaran Di TWU

Bojonegoro (Media Center) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bojonegoro memastikan, belum adanya pencemaran lingkungan hidup di perusahaan kilang mini PT Triwahana Universal (TWU) di Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Tedjo Sukmono, mengatakan, pihaknya baru sebatas menerima laporan dari masyarakat sekitar terkait pencemaran di sekitar PT TWU diantaranya pencemaran bau, adanya limbah cair yang mengaliri sawah warga, serta debu.

“Kami belum bisa memastikan apakah ada pencemaran atau tidak, karena BLH tidak memiliki alat pendeteksi bau,” tegas Tedjo kepada KanalBojonegoro  Jumat (13/2/2015).

Pihaknya menyatakan, untuk bisa melihat apakah benar ada pencemaran terhadap bau harus menggunakan alat khusus yang dimiliki oleh Kementrian Lingkungan Hidup atau mendatangkan tim ahli lingkungan untuk mengecek laporan itu.

“Kalau pencemaran lain, selama ini belum ada bukti jadi ya tidak bisa memastikan,”tandasnya.

Sementara itu, Humas PT TWU Wendrayadi, mengatakan,  apa yang dilaporkan kepada masyarakat kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) beberapa waktu lalu perlu pembuktian terlebih dahulu.

“Kalaupun ada undangan untuk membahas laporan masyarakat, harus koordinasi dahulu dengan pimpinan, karena ada yang lebih berwenang di atas kami,” pungkasnya. (re/*acw)

Leave a Comment