Share

Temukan Fosil Cula Badak, Disbudpar Lakukan Identifikasi

Bojonegoro (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro dikenal memiliki potensi kekayaan sejarah masa lampau. Hal ini diindikasikan dengan banyaknya sumur minyak bumi dan gas yang ada di Bojonegoro.

Setelah dikenal dengan lokasi penemuan fosil paus tarbesar di Indonesia, di Kabupaten Bojonegoro baru-baru ini kembali ditemukan fosil yang berupa beberapa bagian fosil kerangka hewan purba seperti kerbau purba, gajah purba (stegodon) hingga cula badak. Hingga saat ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro belum menginformasikan penemu dan lokasi temuan tersebut.

Suyanto, Kabid Pengembangan dan Pelestarian Budaya Disbudpar Bojonegoro mengatakan, saat ini, tim pendaftaran cagar budaya (Tagara) Bojonegoro masih melakukan proses identifikasi terhadap temuan tersebut.

“Saat ini masih kami simpan dan kita identifikasi,” jelasnya.

Suyanto mengaku, pihaknya masih akan mendalami temuan fosil ini untuk memperkirakan umur, hingga jenis fosil ini. Ia menambahkan, nantinya penemu fosil ini akan mendapatkan kompensasi karena telah menyerahkan temuan kepada Disbudpar selaku pihak yang berwenang mengurusi hal ini.

“Akan kami beri kompensasi karena telah turut menyelamatkan benda cagar budaya dan purbakala,” imbuhnya. (lya/*acw)

Leave a Comment