Share

Temukan Pupuk Palsu Beredar di Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Maraknya peredaran pupuk palsu di Kabupaten Bojonegoro menjadi perhatian serius Komandan Kodim (Dandim) 0813, Letkol Kav Donova Tri Pamungkas. Ia menyebutkan, pupuk-pupuk ini telah beredar di wilayah Kecamatan Temayang dan Kepohbaru.

Saat ditemui di Mapolres Bojonegoro, Dandim yang baru menjabat sebulan terakhir di Bojonegoro ini menyebutkan, pupuk-pupuk palsu yang beredar ini menyerupai pupuk buatan Petrokimia Gresik (PKG) yang beredar di Bojonegoro.

“Mirip tapi tidak sama, misalnya merek Phonska, di kemasan pupuk palsu ini gambarnya mirip dengan tulisan ‘Phoska’,” jelasnya, Jumat (10/4/2015).

Ia menambahkan, pupuk ini laris dibeli para petani. Hal ini lantaran harga yang dibanderol jauh lebih murah dibanding harga pupuk bersubsidi. Donova mengatakan, hal ini menyalahi aturan lantaran pupuk bersubsidi di wilayah Bojonegoro hanya dari PKG yang diijinkan beredar.

“Kalau selain PKG seharusnya pupuk non subsidi dan harganya pasti lebih mahal. Tapi ini harganya justru dibawah harga pupuk subsidi,” lanjutnya lagi.

Adanya temuan ini, lanjut Donova, segera diserahkan pada kepolisian untuk proses hukum. Namun, hingga saat ini proses hukum belum dilanjutkan.

Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Anas Yusuf berjanji akan menindak tegas pelaku jika terbukti melanggar aturan yang bisa menghambat program swasembada pangan yang tengah digiatkan oleh pemerintah.

“Ya harus ditindak tegas jika ada penyimpangan. Polri akan dukung semua upaya untuk percepatan swasembada pangan,” tukasnya.(Lya/dwi)

Leave a Comment