Share

Tim Kesehatan Pangan Akan Operasi Mamin

Bojonegoro (Media Center) – Untuk mengantisipasi perederan makanan dan minuman (Mamin) kedaluarsa maupun berbahaya,  Tim Kesehatan Pangan Bojonegoro akan mulai melakukan razia pada H-4 Lebaran Idul Fitri. Dengan sasaran swalayan, super market, distributor, dan pasar –pasar tradisional.

Sebab selain mamin, Tim Pangan Ksehatan akan mengecek peredaran ikan laut di pasar-pasar tradisional yang beberapa waktu lalu sempat ditemukan adanya formalin atau borak.

“Jangan sampai makanan-makanan berhaya itu merugikan dan membahayakan kesehatan masyarakat,” tegas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bojonegoro, Basuki.

Basuki mengungkapkan, selaian mamin, tim ini juga akan menyasar tiga lokasi penjualan baju bekas impor yang berada di tiga titik di antaranya dekat bundaran Adipura dan Jalan Sawunggaling, Kecamatan Bojonegoro.

Menurut dia, penjualan pakaian bekas ini telah melanggar Undang-undang No7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Sebab selain merendahkan martabat masyarakat, juga dikhawatirkan pakaian bekas impor itu mengandung virus berbahaya yang bisa menular.

“Kita bersama tim akan melakukan operasi mulai H-4 Idul Fitri. Karena pada waktu itu puncaknya warga membeli kebutuhan lebaran,” kata Basuki.

Disinggung tentang sanksi yang akan diberikan, Basuki menyatakan, lebih memberikan pembinaan kepada pedagang dan jika ditemukan mamin kedaluarsa akan ditarik dari pasaran. Selain itu juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih jeli dalam membeli barang-barang kebutuhan.

“Karena yang lebih bertanggungjawab adalah distributor,” tegas Basuki.(dwi/*mcb)

Leave a Comment