Share

Tim Penyusun PPKD Bojonegoro Matangkan Rencana Survey

Bojonegoro, 18/7 (Media Center) – Tim Penyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Bojonegoro bakal melakukan survey ke sejumlah obyek yang dirasa mewakili tema yang ditentukan sebelumnya. “Dalam penentuan obyek survey ini, sekaligus akan didokumentasikan. Diantaranya adalah ke kediaman mbah Hardjo Kardi selaku tokoh Samin dan mbah Santoso selaku dalang dan perajin wayang,” kata Wahyu Subagdiono (18/07), tim penyusun yang juga koordinator tim publikasi.

Sesuai dengan juknis dari Kementrian, terdapat unsur-unsur yang menjadi pedoman dalam penentuan tema dan obyeknya. Diantaranya adalah tradisi Lisan, manuskrip, adat istiadat, bahasa, olahraga tradisional, permainan tradisonal, pengetahuan tradisional, dan seni.

“Lokasi lain adalah di Kecamatan Trucuk dan Gondang, disitu ada ritual tulakan dan pakurmatan agung,” tambahnya.

Tim akan menggali data seputar obyek, termasuk kendala dan hambatan serta harapan dari pelaku budaya sesuai obyek. Berdasarkan survey tersebut, maka akan dapat dirumuskan langkah-langkah yang diharapkan dapat benar-benar terealisasi.

Rencanaya kegiatan survey akan dilakukan mulai tanggal 21 Juli mendatang. Survey akan diikuti oleh perwakilan dari masing-masing koordinator dengan didampingi oleh sekretariat, dalam hal ini Disbudpar Bojonegoro.(*rilis PPKD)

Leave a Comment