Share

Tim SAR Bojonegoro Disiagakan

Bojonegoro (Media Center) – Tim SAR gabungan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim), Minggu, disiagakan di Taman Bengawan Solo (TBS) di daerah setempat, sebagai antisipasi menghadapi ancaman banjir luapan sungai terpanjang di Jawa.

“Jumlah Tim SAR gabungan yang disiagakan di TBS sebanyak 80 personel dari Kodim 0813, Kepolisian Resor (Polres) dan lainnya,” kata Koordinator Tim SAR Kabupaten Bojonegoro Sersan Mayor Lugito, di lokasi TBS.

Ia menjelaskan Tim SAR gabungan akan melakukan penutupan “doorlats” atau pintu lintas penduduk yang dibuat dengan menjebol tanggul di wilayah perkotaan yang lokasinya di sedikitnya 80 titik.”Saat ini persiapan penutupan “doorlats” sedang dilakukan,” katanya, menegaskan.

Penutupan “doorlats”, katanya, dilakukan agar luapan Bengawan Solo di daerah setempat tidak meluber ke wilayah perkotaan.

Selain itu, lanjutnya, Tim SAR gabungan yang dilengkapi dengan sejumlah perahu karet juga melakukan pemantauan lalu lintas air di daerah setempat, sebab warga masih memanfaatkan perahu tambang untuk kegiatan menyeberang.

“Petugas Tim SAR akan mendampingi warga yang menyeberang memanfaatkan perahu tambang,” ucapnya.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga di Bojonegoro masih naik mencapai 15,11 meter, Minggu pukul 10.00 WIB.

“Tapi air di Karangongko, Kecamatan Ngraho, cenderung turun, sebab banjir Bengawan Solo dan sekitarnya cenderung turun,” kata Sekretaris BPBD Bojonegoro MZ. Budi Mulyono, menegaskan. (samcb)

Leave a Comment