Share

Tingkatkan Ekonomi Dengan Bantuan Hibah Peternakan

Bojonegoro (Media Center) – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk meningkatkan kesejahteraan warga terus dilakukan. Kali ini, dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) telah mengucurkan bantuan pada 46 Kelompok tani di 15 kecamatan, diantaranya adalah Kecamatan Kanor, Trucuk, Purwosari dan Sumberrejo. Bantuan ini berupa domba, kambing, kelinci, bebek hingga ayam arab.

Sebelumnya, para penerima bantuan ini diusulkan melalui Musyawarah perencanaan Pembangunan mulai tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan di Aula pertemuan Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Bojonegoro, Kamis (7/5) kemarin.

Sekretaris Kabupaten Bojonegoro, Soehadi Moeljono menjelaskan, pemberian hibah bantuan ternak ini untuk meningkatkan ketersediaan ternak di pedesaan. Hal ini diusahakan menjadi pemicu meningkatnya pertumbuhan ekonomi di sektor peternakan. Sekda menambahkan, bantuan ini harus diawasi oleh berbagai pihak.

“Ada tiga sektor yang turut berperan aktif yakni kelompok tani selaku sasaran penerima bantuan, pemerintah desa dan pemerintah Kecamatan serta Dinas Peternakan dan Perikanan,” jelasnya.

Pesan lain yang diingatkan Sekda kepada seluruh Kelompok Tani dan Ternak yang mendapatkan bantuan ini adalah agar diberdayakan. Disisi lain tercatat dan teradminitrasi dengan baik sehingga pada saat monitoring nanti akan terpantau, apakah sesuai dengan persetujan awal ataukah sebaliknya. Bantuan hibah ini adalah upaya pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan sekaligus meningkatkan taraf hidup peternak dan petani di Bojonegoro.(humas/lya/*acw)

Leave a Comment