Share

Tingkatkan Populasi Sapi Bojonegoro dengan Tidak Memotong Sapi Betina

Bojonegoro, Media Center– Bupati Bojonegoro Anna Muawannah Bersama Dinas Peternakan dan Perikanan memberikan pembinaan kepada kelompok peternak sapi di Kecamatan Temayang, Senin (13/072020).

“Pemkab Bojonegoro, telah menyiapkan fasilitas materi dan non materi untuk kelompok tani ternak, mulai dari pembinaan dan bantuan,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Catur Rahayu.

Sementara itu Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, menyampaikan dengan meninjau secara langsung kelompok tani ternak sapi dapat mengetahui keberhasilan dan kendala yang dihadapi. Seperti keunikan kelompok tani ternak sapi dan tidak tergantung pada produk pabrikan karena sumber pakan ternak sapi bisa didapat dari alam. Sehingga keuntungan yang didapat lebih menguntungkan.

“Disamping itu kualitas sapi juga perlu ditingkatkan kualitas sapi dengan cara memperhatikan bibit sapi, mulai dari fisik bahkan jenis sapi yang akan diternak,” pesan Bu Anna, panggilan akrabnya.

Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Jatim tahun 2010, lanjut Bu Anna, populasi sapi Bojonegoro nomer dua, namun saat ini turun menjadi nomor enam di Jawa Timur. Penirunan tersebut disebabkan karena banyak sapi betina yang di jadikan sapi potong.

“Kedepan populasi sapi di Bojonegoro akan bertambah banyak. Sapi-sapi yang produktif jangan sampai dijual kalo bisa digunakn untuk indukan untuk dikembangbiakan,” harap Bu Anna.(Dwi)

Leave a Comment