Share

TMA Naik, BPBD Terus Pantau Bengawan Solo

Intensitas hujan yang semakin tinggi akhir-akhir ini membuat pihak Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro terus memantau Tinggi Muka Air (TMA) Suangi Bengawan Solo di Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Intensitas hujan yang semakin tinggi akhir-akhir ini membuat pihak Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro terus memantau Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro.

Dilaporkan, pada Selasa (27/1/2015) pukul 12.00 WIB TMA Bengawan Solo di Karangnongko setinggi 24.06 peilschaal dengan tren turun dan status di bawah siaga. TMA yang terpantau di Bendung Gerak setinggi 12.20 peilschaal dengan tren naik, sementara di Taman Bengawan Solo (TBS) terpantau setinggi 10.49 peilschaal dengan tren naik damun dalam status di bawah siaga.

Pihak BPBD akan terus melakukan update TMA Bengawan Solo tiap tiga jam. Dengan ini, diharapkan semua warga Bojonegoro terutama yang berada di bantaran Bengawan Solo waspada dan bisa memprediksi banjir berdasarkan update TMA Bengawan Solo.

Sementara cuaca di Kabupaten Bojonegoro diprediksi akan terjadi hujan ringan. Pihak Pusdalops BPBD Bojonegoro juga memantau curah hujan di Bojonegoro serta kabupaten di daerah hulu Suangi Bengawan Solo yang berdampak terhadap ketinggian TMA Bengawan Solo. Seperti diketahui, banjir luapan sungai Bengawan Solo di Bojonegoro tak hanya disebabkan tingginya curah hujan lokal, namun lebih banyak disebabkan air kiriman dari kabupaten di hulu Bengawan Solo.(**mcb)

Leave a Comment