Share

Tunggu Hasil Lab Apel Impor, Disperindag Minta Warga Tak Resah

Setelah mengambil sampel beberapa jenis apel impor di toko dan pasar buah, tim sidak dari Dinas Kesehatan telah melakukan serangkaian tes di laboratorium untuk melihat kandungan bakteri berbahaya yang kabarnya ada pada apel impor asal Amerika dengan jenis Granny smith dan Gala red. Hingga kini, hasil dari uji kandungan bakteri Listeria monoctogenes belum diumumkan.

Bojonegoro (Media Center) – Setelah mengambil sampel beberapa jenis apel impor di toko dan pasar buah, tim sidak dari Dinas Kesehatan telah melakukan serangkaian tes di laboratorium untuk melihat kandungan bakteri berbahaya yang kabarnya ada pada apel impor asal Amerika dengan jenis Granny smith dan Gala red. Hingga kini, hasil dari uji kandungan bakteri Listeria monoctogenes belum diumumkan.

Sambil menunggu hasil uji lab, Basuki, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bojonegoro meminta kepada para pedagang buah agar sementara tak menjual kedua jenis apel ini. Ia juga berharap warga tak cemas karena saat ini jenias apel yang diduga mengandung bakteri Listeria telah ditarik dari pasaran sampai dinyakatan aman dikonsumsi.

” Kita imbau agar warga tak cemas, kita lakukan penarikan sementara agar tak ada pihak yang dirugikan,” ujarnya.

Sementara itu, tim sidak yang diikuti dari Disperindag, Dinas Kesehatan dan Kantor Ketahan Pangan ini mengambil beberapa sampel apel impor lain untuk diuji. Namun yang perlu diwaspadai hanya dua jenis apel dari AS.

” Jangan lantas hal ini membuat warga enggan makan buah. Warga tak perlu resah karena kami sudah sosialisasikan pada pedagang agar tak menjual apel berbahaya untuk sementara,” pungkasnya.(**mcb)

Leave a Comment