Share

UN CBT Hari Pertama Berjalan Lancar

Bojonegoro (Media Center) – Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat mulai digelar, Senin (13/4/2015). Ujian Nasional (UN) kali ini digelar dengan dua sistem yakni Paper Base Test (PBT) menggunakan lebar soal serta Computer Base Test (CBT) yang menggunakan komputer untuk mengerjakan UN.

Seperti pelaksanaan CBT di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bojonegoro yang diikuti 428 peserta. UN CBT berlangsung lancar dan tak ada kendala dalam pelaksanaannya.

Meski demikian, Yudi Pramono, Kepala SMKN 1 Bojonegoro mengaku, ada sedikit kendala saat proses sinkronisasi dalam men-download.

“Karena sinkronisasi dilakukan per provinsi, jadi agak lama posesnya,” jelas pria yang juga Ketua MKKS se-Jawa Timur ini.

Dalam pelaksanaannya, UN CBT ini dikerjakan dalam tiga gelombang. Hal ini lantaran masing-masing sekolah yang menggelar UN CBT memiliki perangkat komputer setidaknya sepertiga dari jumlah siswa.

“Ini merupakan salah satu syarat yang ditetapkan untuk lembaga yang menggelar CBT,” lanjut Yudi.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, ada empat lembaga penyelenggara CBT di Kabupaten Bojonegoro. Lembaga ini antara lain SMKN 1 Bojonegoro, SMKN 2 Bojonegoro, SMKN 4 Bojonegoro dan SMAN 1 Bojonegoro.

Berbeda dengan pelaksanaan UN PBT yang digelar serentak pukul 07.30 – 09.30 WIB, pelaksanaan UN CBT digelar hingga pukul 16.00 WIB tiap harinya. (lya/*acw)

Leave a Comment