Share

Usai Senam Bersama ASN, Bupati Anna Pantau Rapid Test Pedagang Pasar Tradisional

Bojonegoro, Media Center – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur, Anna Muawanah melaksanakan senam energik bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di Taman Lokomotif Jalan Teuku Umar, Sabtu (6/5/2020), untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh

Senam dilaksanakan menerapkan protokol Covid-19 ketat. Yakni menjaga jarak dan memakai masker.

Usai senam, Bupati Anna melanjutkan kegiatan pemantauan langsung pelaksanaan Rapid Tes para pedagang di 3 pasar tradisional yang ada di Kabupaten Bojonegoro, diantaranya Pasar Kedungadem, Sugihwaras, dan Ngraho.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Ani Pujiningrum mengatakan, melakukan rapid test kepada para pedagang pasar yang biasanya berjualan di pasar-pasar tradisional.

” Rapid tes ini bertujuan untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) khususnya di lingkunagn pasar tradisional,” lanjutnya.

Selain itu, lanjut dokter Ani, kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai upaya deteksi dini dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Dengan rapid test ini kita dapat melakukan tindakan secara tepat dan cepat,” tegasnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Masirin, menjelaskan di Pasar Kedungadem dari 100 pedagang yang dirapid test, ada 1 yang reaktif. Pasar Sugihwaras dari total 101 pedagang yang dites, ada 2 yang reaktif dan Pasar Ngraho, dari 100 yang dites semua negatif.

“Yang hasilnya reaktif akan kita isolasi untuk kemudian dilanjutkan dengan Swab untuk memastikan apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak,” jelasnya.(Dwi)

Leave a Comment