Share

Usulkan Perubahan PD Pasar Menjadi Dinas

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro merekomendasikan perubahan Perusahaan Daerah (PD) Pasar menjadi Dinas dikarenakan minimnya pendapatan dari PD Pasar selama ini.

Bojonegoro (Media Center) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro merekomendasikan perubahan Perusahaan Daerah (PD) Pasar menjadi Dinas dikarenakan minimnya pendapatan dari PD Pasar selama ini. Sekretaris Komisi B, Lasuri, mengatakan, selama ini PAD yang disetorkan hanya sekitar Rp125 Juta, padahal potensi pendapatan bisa mencapai Rp300-400 juta. Sebab, jumlah pedagang yang berada di bawah naungan PD pasar cukup banyak.

“Dengan diubahnya PD pasar menjadi dinas, maka diharapkan akan meminimalisir pengeluaran,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala PD Pasar, Sugik, enggan mengomentari usulan dari DPRD tersebut. Namun untuk pendapatan Perusahaan Daerah (PD) Pasar mencapai Rp 3 Miliar. Jumlah tersebut berasal dari 12 pasar yang berada di bawah naungan PD Pasar. Rinciannya, total penghasilan PD Pasar hingga Oktober 2014 ini mencapai Rp3.171.348.000,-. Dari hasil pendapatan tersebut masih harus dikurangi untuk biaya operasional sebesar Rp2.412.835.124,-.

“Sehingga laba PD Pasar sampai bulan oktober 2014 mencapai Rp841.863.303.081,-,” ujarnya.

Ia menyampaikan, Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang harus disetorkan PD Pasar ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sebesar Rp130 juta untuk tahun 2014 dan sudah terpenuhi.

“Untuk tahun ini target masih sama, dan kami berupaya meningkatkannya,” tegas Sugik.(re/**mcb)

Leave a Comment