Share

Wabup Ajak Masyarakat Sukseskan Adipura

Bojegoro (Media Center) – Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono, menyatakan, sebentar lagi akan ada penilaian Adipura 2015. Untuk itu warga yang tinggal di daerah perkotaan harus mengadakan pembenahan dan kebersihan lingkungan jangan sampai ada yang buang sampah sembarangan dan buang air besar sembarangan. Karena bila ada yang buang air besar sembarangan, akan menyebarkan penyakit bagi sekitarnya.

“Ayo kita berjuang menjadikan Bojonegoro ini kota yang bersih sehingga piala Adipura kita dapatkan kembali,” tukasnya saat menghadiri Gebyar Sanitasi USRI di Pusat Belajar Guru (PBG ) jl. Rajawali Bojonegoro,Jumat (4/4/2015) malam.

Karena, lanjut Wabup, bila tahun ini dapat mempertahankan Adipura maka Adipura Kencana akan diraih Bojonegoro.

Untuk diketahui, Kegiatan Sanimas USRI ini dilaksanakan sejak tahun 2013. Kegiatan ini berupa pengolahan limbah rumah tangga yang di biayai oleh Asean Devolepment Bank dengan investasi IPAL sebesar 350 juta.

Bojonegoro ada di 6 Desa/kelurahan yaitu Jetak, Sumbang, Karangpacar, Semanding, Kalirejo dan Mojokampung, dimana semua Desa/Kel tersebut dibentuk Kelompok Pengelola kegiatannya, mengolah limbah rumah tangga seperti cuci, mandi, masak bahkan WC dimasukkan dalam satu pengolahan ketika dibuang sudah menjadi air layak buang.

Bambang Syafi’i ketua kelompok Swadaya Masyarakat Desa Karangpacar, menjelaskan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman terhadap perilaku masyarakat agar selalu menjaga lingkungan terutama pembuangan air limbah yang ramah lingkungan.

“Pemahaman ini kita lakukan dengan berbagai upaya antara lain anjangsana sosialisasi dgn door tp door, Mengadakan lomba-lomba dan memberikan contoh rumah sehat,” imbuhnya.

Dia melanjutkan, dengan kegiatan yang dilakukan menjadikan masyarakat menjadi paham akan pentingnya pengolahan limbah rumah tangga. Selain usaha sanitasi saat ini juga dikembangkan untuk usaha Ekonomis Produktif bagi masyarakat yang ada di 6 Desa/keluarahan in

“Kami akan gandeng perusahaan-perusahaan besar sebagai wujud CSR,” tukasnya.(dwi)

Leave a Comment