Share

Waduk Gongseng Akan Suplai Kebutuhan Air Bojonegoro Timur – Selatan

Salah satu upaya untuk memenuhi pengairan pertanian di wilayah selatan dan timur Kabupaten Bojonegoro adalah dibangun Waduk Gongseng di wilayah Kecamatan Temayang. Namun, pembangunan Waduk Gongseng itu di lapangan menemui banyak kendala terutama proses pembebasan lahan.

Bojonegoro (Media Center) – Salah satu upaya untuk memenuhi pengairan pertanian di wilayah selatan dan timur Kabupaten Bojonegoro adalah dibangun Waduk Gongseng di wilayah Kecamatan Temayang. Namun, pembangunan Waduk Gongseng itu di lapangan menemui banyak kendala terutama proses pembebasan lahan.

Waduk Gongseng rencananya akan memakai lahan seluas 433 hektare dan mampu menampung debit air sebanyak 22 juta meter kubik. Cadangan air di waduk itu akan menyuplai kebutuhan pengairan persawahan di wilayah selatan dan timur Bojonegoro.

Pembangunan Waduk Gongseng dianggarkan senilai Rp450 juta berasal dari APBD Bojonegoro, APBD Provinsi Jatim, dan juga pemerintah pusat. Dana dari APBD Bojonegoro dipakai untuk pembebasan lahan.

Menurut Kepala Dinas Pengairan Kabupaten Bojonegoro, Edy Susanto, sebenarnya anggaran untuk pembangunan Waduk Gongseng itu sudah tersedia. “Dananya sudah ada, tinggal pelaksanaan pembangunannya saja,” ujarnya. (**mcb)

Leave a Comment