Share

Warga Ngraho Temukan rantai Perahu Kuno

Penemuan ini diteruskan dengan ditemukannya rantai pada 19 juli 2014 lalu. Rantai ini diduga rantai kapal kuno yang telah di rekontruksi oleh warga sekitar.

Bojonegoro (Media Center) – Penemuan perahu kuno di Bengawan solo, tepatnya di Desa Ngraho, Kecamatn Gayam, Bojonegoro, Jawa Timur masih masih berlanjut. Penemuan ini diteruskan dengan ditemukannya rantai pada 19 juli 2014 lalu. Rantai ini diduga rantai kapal kuno yang telah di rekontruksi oleh warga sekitar.Kepala Desa Ngraho, Samad menuturkan penemuan rantai ini. Menurutnya, salah satu warganya, Sunaryo tak sengaja menemukan rantai kapal sepanjang 35 meter saat beraktivitas di Bengawan Solo. Setelah itu, warga bergotong royong mengangkat rantai ini dan memasangkannya di badan perahu kuno.

“Pak Sunaryo menemukannya sekitar jan 14.00, lalu diangkat warga bersama-sama dari bengawan,” ujarnya.

Dengan temuan ini mengindikasikan bahwa Bengawan Solo menjadi salah satu jalur perdagangan penting pada masa lampau.

“Bisa jadi, wilayah Desa Ngraho ini menjadi salah satu titik pelabuhan, dari bentuknya perahu ini pengangkut logistik,” terang Nunung Dianawati, Arkeolog yang sekaligus aktivis sejarah di Bojonegoro, Selasa (19/8/2014).

Indikasi bahwa Bojonegoro menjadi salah satu lokasi penting di masa lampau juga diperkuat dengan berbagai temuan di Bengawan Solo seperti temuan pecahan keramik dan artefak lainnya.(**mcb)

Leave a Comment