Share

Wisata Petualangan Menuju Air Terjun di Bojonegoro

Mendaki perbukitan dan melalui hutan serta sungai kecil, merupakan petualangan yang sangat mengasyikkan, tak ada papan nama, tak ada fasilitas modern di lokasi tersebut

Bojonegoro (Media Center) – Di ujung selatan Bojonegoro Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Gondang, tebing batu setinggi 8 meter yang berada di tengah kawasan hutan itu tak jarang menjadi tujuan para backpacker. Air terjun yang menjadi pelengkap wisata alam di Desa Krondonan, merupakan daya tarik utama tempat itu.

air terjun bojonegoroMenuju lokasi air terjun tersebut, sangat cocok bagi para petualang, melewati hutan jati, jalanan setapak, kawasan pedesaan, hingga jalan terjal berbatu besar adalah rute yang cukup menantang.

Ada dua nama yang melekat untuk menyebut kawasan tersebut, Air Terjun Krondonan dan Air Terjun Kedung Gupit. Hingga saat ini belum ada nama resmi untuk lokasi air terjun yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari jarak 1,5 km tersebut, tentunya ini adalah daya tarik bagi wisatawan petualang.

Pengunjung dapat sekedar menikmati suasana segar, ataupun berkemah di tempat tersebut. Untuk menuju lokasi tempat yang cukup eksotis tersebut, ada beberapa jalur yang dapat dilalui.

Jalur Menuju Air Terjun
Menggunakan jalur ini, jarak antara air terjun dengan pemukiman penduduk hanya 200 meter, bila berangkat dari Kota Bojonegoro, kita harus ke arah Kecamatan Sekar dengan mengambil jalur lewat Paldaplang (sampai disini GPS masih bisa berfungsi). Setelah dari Paldaplang, cari arah yang menuju Desa Atas Angin dan SDN Klino II. Dari SDN Klino tersebut, praktis harus dilanjutkan dengan berjalan kaki, kira-kira 50 meter di belakang bangunan sekolah tersebut.

Bila ingin perjalanan yang lebih seru, rute yang dapat diambil adalah melalui SMP Krondonan, saat berada di Kecamatan Gondang, hampir semua warga mengetahui letak gedung SMP ini. Rute ini, mutlak harus dilalui dengan berjalan kaki menyusuri sungai dan lereng-lereng perbukitan. Jarak antara gedung SMP dengan lokasi air terjun adalah sekitar 1,5 km dan harus berjalan kaki.

Mendaki perbukitan dan melalui hutan serta sungai kecil, merupakan petualangan yang sangat mengasyikkan, tak ada papan nama, tak ada fasilitas modern di lokasi tersebut. Warga yang ramah memungkinkan semua pengunjung dapat menitipkan kendaraan ataupun mobilnya, air terjun ini sangat menarik saat memasuki musim penghujan. (*/mcb)

  1. By Berita Persibo Bojonegoro | Setajam Silet on 13/06/2016 at 1:31 am

    […] Wisata Petualangan Menuju Air Terjun di Bojonegoro […]

  2. By Berita Persibo 2016 | Setajam Silet on 14/06/2016 at 1:29 pm

    […] Wisata Petualangan Menuju Air Terjun di Bojonegoro […]

Leave a Comment