Share

Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Dengan KSBP

PKK Kabupaten Bojonegoro bekerja sama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) membentuk Kebun Sehat Bergizi Posyandu (KSBP) di masing-masing Desa. Program ini sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian pangan dan gizi keluarga.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam KSBP adalah pemanfaatan tanah pekarangan dengan komiditi menghasilkan nilai ekonomi dengan jangka pendek. Jenis komiditi yang akan dikembangkan oleh KSBP ini diantaranya adalah sayur-sayuran, bunga-bungan, buah-buahan, tanaman obat keluarga (Toga), perikanan, peternakan. Komiditi ini dapat dirasakan hasilnya dalam jangka waktu maksimal dua tahun.
“Dari hasil itu sebagian dimanfaatkan untuk kegiatan Posyandu,” kata Ketua TP PKK Kabupaten, Mahfudho Suyoto saat memaparkan KSBP kepada Ketua PKK Kecamatan, Desa, dan Kader Taman Posayandu se Kabupaten Bojonegoro di Aula BPMPD, Jum’at (6/12/2013).
Setiap KSBP harus menentukan maksimal dua komiditas untuk dikembangkan. Komiditi tersebut harus disesuaikan dengan potensi yang ada di masing-masing desa. Komoditi yang akan dikembangkan itu akan dimodali oleh tiga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yakni Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Baik itu bibit maupun sarana produksinya.
“Kita beri batasan maksimal dua jenis agar komiditas yang dikembangkan lebih fokus dalam perawatan, pengelolaan, pengawasan dan pemasarannya,” tegas Mahfudhoh.

Selengkapnya baca di: http://bojonegorokab.go.id/berita/wujudkan-kesejahteraan-masyarakat-dengan-ksbp/

Leave a Comment